2009/01/13

Nelayan NTT yang gagah

Para nelayan di NTT mempunyai cara menangkap ikan yang unik, dengan bermodalkan pancingan uang terbuat dari babu sepanjang 3 meter, para nelayan memancing dengan kerja kerasnya


Saya bangga dengan para nelayan tersebut, karena mereka secara tidak langsung menjaga dan melestarikan terumbu karang. Berjarak 6mil dari NTT, laut NTT mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Para nelayan mencari ikan yang disebut Cakalang. Cakalang atau Tuna itu mempunyai sifat yang sangat rakus dan mudah muncul di permukaan. Di sore hari para nelayan mempersiapkan peralatan memancingnya yang terbuat dari bambu, setelah itu mereka pun bersiap membeli ikan kecil yang dijadikan sebagai umpan, ikan kecil itu dijual di sutau tempat yang berjarak kurang lebih 2km. Mereka membeli ikan kecil tersebut sebanyak 150kg, dan di tempatkan disalah satu bak penampungan. Umpan-umpan tersebut harus dalam keadaan hidup untuk dapat memancing ikan cakalang tersebut ke permukaan laut. Nah biaya untuk membeli ikan kecil-kecil itu ngga murah, mereka menguras kocek sebesar 1,5 juta. Langit telah gelap, dan para ABK kapal tersebut memilih untuk tidur agar stamina mereka menjadi lebih segar. Menghadapi pertarungan dengan sebatang bambu akan menjadi pertarungan yang sengit.
Waaaahhh, waktunya telah tiba untuk para ABK kapal bertarung. Mereka duduk di depan ujung kapal dengan membawa senjata mereka. Terlempar jauh kail khusus yang tidak seperti biasa, dengan berbentuk huruf J. Disamping itu, terdapat 1 Fish Master yang bertugas sangat penting untuk jumlah ikan yang di dapat. Fish Master tersebut sangat memerlukan pengetahuan dan insting keberadaan ikan Cakalang. Nah, Fish Master langsung melemparkan ikan kecil tersebut ke tempat yang di perkirakan tertadapat ikan Cakalang yang melimpah. Dua sampai tiga kali Fish Master melemparkan ikan tersebut dengan saringa ikan berbentuk bulat besar. Siiiaaaaaaaap, ABK kapal pun melemparkan kailnya, dan dengan sangat ahlinya para pemburu ikan Cakalang pun melemparkan tepat ke belakang mereka dan “bless” masuk ke tempatnya.
Secara terus-menerus mereka melakukan pemburuan dengan cepat dan tangkas. 15 menit berlalu dan lihat berapa tangkapan mereka, 1ton !!!! waaaaaa tangkapan yang hebat. Mereka masih sangat bersemangat berburu ikan tersebut. Mari kita lihaaaaaatt !!! 3ton yang mereka dapat dalam waktu 45 menit. Penangkapan ikan Cakalang akan di ekspor dengan total pendapatan sekitar 28juta. Sebelum melakukan pemburuan ikan Cakalang, mereka telah membuat perjanjian atas pendapatan dari hasil mereka, dan pendapatannya akan di bagikan dengan pemilik kapal, ABK, Fish Master, dan orang-orang yang termasuk.
Dapat di simpulkan bahwa di perairan Indonesia masih terdapat kekayaan yang bisa dimanfaatkan untuk perekonomian bangsa Indonesia, dan teknik memancing tersebut haruslah di lestarikan untuk mejaga kelestarian Laut Indonesia.

2 komentar:

3 ton dalam waktu 45 menit... hebat yah ^_^

blog baru kah? ^_^

iya .. heheheh
thanks for visit

Post a Comment